Reminder Goal of Life



Lirik dari sebuah lagu Rhoma Irama menyatakan bahwa "Banyak Manusia Tersesat, Tak Tahu Apakah Tujuan Hidupnya di dalam Dunia". Lalu apa sebenarnya tujuan hidup kita? Yuk kita simak penjelasan berikut ini.

3 Tujuan hidup kita sebenarnya adalah bahagia di dunia, bahagia di akhirat, dan terbebas dari siksa api neraka. Ini yang dijadikan do'a sapujagat kita sehari-hari, bahkan disebutkan juga di lirik lagu Wali dalam menjawab pertanyaan si Udin tentang do'a bahagia dan do'a masuk surga. 

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana supaya kita bahagia di dunia dan bahagia di akhirat serta terbebas dari api neraka. Jawabannya juga sering disampaikan dalam dakwah-dakwah jum'atan yakni : bertakwalah kamu kepada allah dengan sebenar-benar takwa kepadanya dan janganlah sekali-kali kamu mati, melainkan dalam keadaan beragama Islam.

Lalu apa sebenarnya arti dari kata takwa? Amajalus (2017) dan ansarian (2023) menjelaskan Makna taqwa itu ada empat. Yakni Tawadu’ (rendah hati), Qonah’ah (ridho), Wara’(menjauh dari dosa), dan keempat yakin (tidak ragu). Syekh al-Majlisi membagi takwa dalam tiga jenjang sebagai berikut; Pertama, keterjauhan diri dari siksa abadi dengan cara mendapatkan akidah yang benar. Kedua, keterhindaran dari dosa, baik yang berupa perbuatan atau bukan Ketiga, keterhindaran dari segala sesuatu yang menjauhkan kalbu dari al-Haq SWT.


Rudy_Bogor

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama