Pemimpin VS Pejabat

 


Setiap pejabat pasti akan memimpin. akan tetapi apakah selesai menjabat masih dianggap sebagai pemimpin? pertanyaan besarnya adalah bagaimana menjadi pemimpin selamanya?

Pemimpin kita artikan orang yang memimpin kelompok dua orang atau lebih, baik organisasi maupun keluarga atau juga seseorang yang memiliki peranan atau posisi dominan dan berpengaruh dalam kelompoknya.

Pejabat adalah seseorang yang sedang memiliki/menduduki jabatan tertentu. Berdasarkan tugas fungsinya, pejabat bertugas melaksanakan semua yang menjadi tugas organisasi.

Pemimpin dan Pejabat sama-sama memiliki masa atau anggota atau bawahan. Hanya saja setiap pemimpin tidak harus selalu memiliki bawahan beda dengan pejabat yang harus didukung oleh para bawahan. Pemimpin tidak lekang oleh waktu akan tetapi pejabat ada masanya.

Setiap laki-laki adalah pemimpin. minimal pemimpin bagi keluarganya yang akan mempertanggungjawabkan perbuatannya dan istri serta anaknya, bahkan saudara perempuannya. Seorang pemimpin jika merujuk pada kepemimpinan Nabi kita maka minimal harus memiliki sifat Cerdas, Amanah, Jujur dan adil. Kita bisa meneladani beberapa penerusnya juga seperti Umar Bin Khatab dengan keberanian dan kesederhanaannya, Usman Bin Affan dengan kedermawanannya, Ali Bin Abi Thalib dengan kecerdasannya, dan Abu Bakar Shidiq dengan Kearifannya.



Rudy_Bogor

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama