Laporan Wisuda

 



Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Selamat Pagi dan Salam Sejahtera Bagi Kita Semua.

Yang terhormat

Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Bapak Dr. Beni Bandanadjaja, ST, MT

Yang saya Hormati :

Para Pejabat lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia pertanian

Bapak Direktur Polbangtan Bogor

Para anggota Senat

Unsur Forkompimda Kota Bogor dan Kabupaten Bogor

Mitra Kerjasama Dunia Usaha dan Dunia Industri

Para Dosen dan Tenaga Kependidikan Polbangtan Bogor

Sekretaris Jenderal Ikatan Alumni APP-STPP Polbangtan Bogor

Para Orang Tua dan Keluarga Wisudawan

Para Wisudawan yang saya banggakan, serta hadirin tamu undangan yang berbahagia


1. Alhamdulilahirabbil alamin, Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, hari ini dapat terselenggara Wisuda Sarjana Terapan Angkatan Ke V dan Ahli Madya Angkatan Ke III Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor Tahun Akademik 2022/2023.

2. Kami laporkan bahwa sebanyak 231 orang lulusan yang diwisuda hari ini merupakan lulusan dari tiga Program Sarjana Terapan pada Program Studi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan (67 orang), Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan (66 orang), dan Agribisnis Hortikultura (38 orang) dengan gelar Sarjana Terapan Pertanian dan Sarjana Terapan Peternakan. Sebanyak 60 orang lulusan program Diploma III berasal dari program Studi Teknologi Mekanisasi Pertanian (29 orang) dan Kesehatan Hewan (31 orang) dengan gelar Ahli Madya Teknik dan Ahli Madya Veteriner. 

3. Lima program studi yang diselenggarakan 2 prodi terakreditasi baik sekali dan 3 program studi terakreditasi baik

4. Pada program sarjana terapan 61 orang mendapat predikat pujian (cumlaude) dan pada program Diploma III sebanyak 35 orang. IPK tertinggi dari semua prodi yang diselenggarakan adalah 3,88 dan terendah 3,16.

5. Wisudawan tiga terbaik dari masing-masing program studi di jurusan Pertanian adalah :

a) Program Studi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan Peringkat 1 Alya Husnul Khotimah, dengan IPK 3,85; peringkat 2 diraih oleh Siti Kartika, dengan IPK 3,85 dan Peringkat 3 diraih oleh Ega Megantara, dengan IPK 3,83. 

b) Pada Program studi Agribisnis Hortikultura  peringkat 1 diraih oleh Elyana, dengan IPK 3,83; peringkat 2 diraih oleh Ismeli Nur Assyva, dengan IPK 3,83 dan Peringkat 3 oleh Dina Marcelina, dengan IPK 3,81. 

c) Program Studi Teknologi Mekanisasi Pertanian peringkat 1 diraih oleh Dini karimah, dengan IPK 3,88; peringkat 2 diraih oleh Dhea Widiana Puteri, dengan IPK 3,80 dan Peringkat 3 oleh Nurul Fitriana, dengan IPK 3,79.

6. Untuk Jurusan Peternakan tiga wisudawan dari masing-masing program studi adalah :

a) Program Studi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan peringkat 1 diraih oleh Hamzah Haz, dengan IPK 3,85; peringkat 2 diraih oleh  Ade Putera dengan IPK 3,85 dan Peringkat 3 oleh Dyah Ajeng Ambarwati Syam, dengan IPK 3,84. 

b) Pada Program studi Kesehatan Hewan peringkat 1 diraih oleh Anisah Nur Azizah, dengan IPK 3,78; peringkat 2 diraih oleh Embun Azqi Widhi Dianti, dengan IPK  3,73 dan Peringkat 3 oleh Latifah Azizah, dengan IPK 3,72.

7. Lulusan tahun ini, telah dibekali sertifikat garuda emas dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Sertifikasi kompetensi telah dilaksanakan oleh Asesor dari LSP Pertanian Kementerian Pertanian dan LSP Peternakan Indonesia.

a) Pada Prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan mendapatkan sertifikasi Penyuluh Pertanian Level Supervisor dan Fasilitator Pertanian Organik.

b) Untuk Program Studi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan dan Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan mendapatkan sertifikasi Penyuluh pertanian level Supervisor Operator Pencampur Pakan dan Operator Farm Unggas Petelur. 

c) Program Studi Agribisnis Hortikultura mendapatkan sertifikasi Produksi Benih dan Pemeliharan Tanaman Hidroponik.

d) Sertifikasi Paramedik Veteriner untuk Program Studi Kesehatan Hewan dan Operator Alsintan Pra Panen Untuk prodi Teknologi Mekanisasi Pertanian

8. Kami sampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada para lulusan yang telah menorehkan prestasi. Selama mengikuti pendidikan, lulusan tahun ini telah menorehkan prestasi akademik maupun non akademik yang membanggakan diantaranya : . 

a) Juara Indonesian Olimpiade of Science (IOS)

b) Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

c) Juara FORNAS Jabar

d) Juara Lomba Debat Nasional

e) Juara lomba Vlog Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

f) Juara Lomba Fotografi dan Video tingkat Nasional

g) Penulis Buku, Cerpen tiga paragraf, dan cipta Puisi

h) Duta Genre, Duta Budaya dan Rempah, 

i) Jajaka dan Mojang Jawa Barat

j) Dan prestasi-prestasi lainnya

9. Serapan lulusan tahun ini juga sangat menggembirakan, sebelum wisuda ini dilaksanakan beberapa catatan kami :

a) Ada dua orang lulusan tercatat melanjutkan pendidikan magister dan telah diterima di Universitas Diponegoro 

b) 15 Lulusan dinyatakan menunggu pengumuman hasil kelulusan dari Yayasan Darma Bhakti Astra sebagai calon Pemberdaya Masyarakat. 

c) Sebanyak 64 orang lulusan telah dilatih bahasa jepang dan telah lulus Ujian Agriculture Skill Assesment Test (ASAT) sebanyak 29 orang. Sebanyak 9 orang telah lulus ujian Japan Foundation Test (JFT) yang dalam waktu dekat akan berangkat ke jepang.

10. Terimakasih kami sampaikan atas kehadiran para tamu undangan dan seluruh panitia penyelenggara, mohon dima’afkan apabila ada hal-hal yang kurang berkenan.  Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, Amin ya Robbal Alamin. Wabillahi taufiq wal hidayah, wassalamu’allaikum warohmatullohi Wabarokatuh.

Rudy_Bogor

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama