Amanat Pembina Upacara



Bismillahirahmanirrahim
Assalamualaikum warohmatulohi wabarokatuh

Yang saya Hormati
Ketua Senat
Wakil Direktur
Bapak Ibu Dosen
Pejabat Struktural dan Pegawai
Serta mahasiswa yang saya cintai

1. Selamat Pagi dan salam sejahtera untuk kita semua. Puji dan Syukur kita panjatkan ke hadirat allah SWT yang masih memberikan sehat kepada kita semua. pepatah bilang : "jika kau hilang uangmu maka tidak ada yang hilang darimu, jika hilang sehatmu maka ada sesuatu yang hilang darimu, dan jika hilang karaktermu maka semuanya telah hilang darimu. Yuk kita jaga kesehatan kita baik jasmani maupun mental

2. Sholawat serta salam mari kita sampaikan kepada Nabi Akhir Zaman Muhammad SAW, di bulan ini tepatnya nanti tanggal 28 September kita akan memperingati hari kelahiranya. Jika kita lihat sosoknya, beliau bergelar Al-Amin dengan memiliki empat sifat yakni Sidik, Fatonah, Amanah, dan Tablig. Mari kita meneladaninya sesuai kemampuan masing-masing. 

3. Belajar dari kepemimpinannya, beliau memiliki empat sahabat juga dengan karakter pemberani dan tegas pada Umar Bin Khatab, arif dan bijaksana pada Abu Bakar Sidiq, Cerdas dan santun pada Ali Bin Abi Thalib, serta Kaya raya dan dermawan pada Usman Bin Affan. Ke-empat sosok ini sepertinya harus ada di Polbangtan Bogor, mangga bapak2 memilih peran siapa!

3. Target Kinerja Polbangtan Bogor tahun 2023 adalah 85% lulusan bekerja di sektor pertanian, 1 lembaga terakreditasi, 3,40 nilai skala lickert kepuasan penyelenggaraan pendidikan, 34,0 nilai penilaian mandiri reformasi birokrasi, dan 90,60 nilai kinerja anggaran. Sudah sampai mana capaian kita di triwulan ketiga ini. bagaimana strategi mencapainya? barbuk apa yang harus dikumpulkan? siapa dan berperan apa dalam menjamin pencapaian target kinerja tersebut? ke depan perlu kita polakan dengan baik. Sasaran Kinerja Pegawai bukan hanya sekedar usulan tapi juga sudah ditetapkan penugasan dan target oleh masing-masing atasannya dalam rangka mendukung kinerja lembaga.

4. Seperti halnya pada permainan sepakbola, kita akan menilai "percuma" jika para pemain bintang tim idola  bermain bagus tapi tidak menghasilkan gol, bahkan secara tim kalah.  Kita perlu pemain yang diberikan tugas tanpa menyela "itu bukan tugas saya". seorang bek kadang maju ke depan untuk mencetak gol, demi kemenangan tim begitupun seorang striker dapat mundur untuk mempertahankan gawang dari kebobolan.

5. Mari kita kerjasama membangun polbangtan ini dengan "memberikan yang terbaik sesuai kemampuan kita" dan jangan "meludah di piring tempat kita makan". Sadar atau pun tidak dari adanya lembaga ini kita bisa menikmati hidup, menyekolahkan anak, dan menafkahi is one atau is three bagi yang berani.

6. Mari kita merencanakan pekerjaan dan memilih prioritas pekerjaan. Mari buat perubahan-perubahan besar. jangan sampai kehadiran kita hanya menggugurkan kewajiban saja, "berada diruangan 7.30-16.00" "berada dikebun 7.30-16.00". 7 jam jika digunakan oleh profesional untuk "ngored" bisa 210 m2/ nyangkul bisa 96m2. Karenanya dengan tenaga yang ada, cukup sebetulnya lahan tidak "garung". begitupun 7 jam diruangan, banyak yang bisa kita lakukan. Kabag Umum dan Koordinator AAK perlu mempolakan juga sehingga tidak terjadi SPJ menggantung lama dan KHS telat distribusi.

7. Saya berharap semua dari kita punya rasa peduli dan rasa cinta yang besar terhadap lembaga ini. mari kita bangun polbangtan bogor menjadi yang terdepan dalam segala hal. SDM kita sebetulnya sangat "mewah", hanya perlu "perekat" dan "pemikat" agar produktif pada hal-hal positif untuk memajukan lembaga.

8. Saya ucapkan selamat, kepada para pegawai yang memperoleh kenaikan pangkat dan para mahasiswa yang memperoleh IPS terbaik di semester genap TA 2022/2023. Mohon Ma'af apabila ada hal yang kurang berkenan. Wabilahitaufik walhidayah Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh   


Rudy_Bogor

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama